Permainan adalah cara bagus belajar bahasa. Bersenang-senang sambil belajar sangat penting bagi anak-anak kecil karena mendorong kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan hidup yang lain.
Permainan dapat membantu anak-anak belajar bahasa Inggris dengan banyak cara karena sifatnya yang sosial dan interaktif. Anak-anak belajar mengikuti instruksi dalam bahasa Inggris, mencocokkan kosakata bahasa Inggris dengan tindakan, dan mengembangkan kepercayaan diri berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.Batasi sesi maksimal sepuluh menit agar tidak membebani anak-anak. Siswa sekolah dasar belajar paling optimal dalam sesi yang singkat dan cepat. Hal ini membantu mereka memahami dan mengingat apa yang telah mereka alami.
Selalu ingat untuk memberikan umpan balik dan pujian dengan segera dan puji semua anak karena ikut serta dalam permainan.
Berikut adalah beberapa permainan kami yang sudah teruji dan terbukti yang akan disukai oleh anak-anak sambil mereka belajar bahasa Inggris di dalam prosesnya.
Permainan kartu dalam bahasa Inggris
Permainan kartu membantu anak-anak mengingat kosakata bahasa Inggris yang mereka pelajari. Selain itu, permainan kartu bersifat visual, sehingga membantu anak-anak mengenali pola-pola dalam bahasa Inggris. Hal ini membantu mereka belajar lebih banyak kata lagi secara mandiri.
Berikut adalah beberapa permainan kartu yang dapat membantu anak-anak belajar bahasa Inggris. Sebaiknya cetak juga kartu ingat cepat (flashcard) bahasa Inggris gratis yang ditawarkan di situs web kami LearnEnglish Kids.
Snap!
Tujuan:
Untuk mengumpulkan kartu paling banyak. Pemain mendapat kartu dengan menjadi orang pertama yang berseru 'Snap!' ketika sepasang kartu yang setara muncul
Bahan:
Kartu remi biasa atau kartu 'Snap!' khusus
Cara bermain:
-
Ambil setumpuk kartu remi biasa dan bagikan merata di antara para pemain (minimal dua orang, tidak ada jumlah maksimal pemain).
-
Pemain tidak boleh melihat kartunya sendiri. Setiap orang bergiliran menempatkan satu kartu, menghadap ke atas, di depan semua orang.
-
Ketika selembar kartu diletakkan di atas kartu yang setara (misalnya, dua kartu Queen), pemain pertama yang meneriakkan 'Snap!' memperoleh semua kartu yang sudah dibuka sejauh itu.
-
Permainan berlanjut sampai hanya satu pemain yang memiliki kartu. Pemenangnya adalah pemain yang meraih kartu terbanyak.
Tip utama:
Permainan ini membantu anak-anak belajar kata bahasa Inggris 'Snap!', tetapi kosakata dapat diperluas dengan meminta mereka menyebutkan juga nomor atau jenis dan kembang kartu dalam bahasa Inggris saat ada yang setara. Dalam bahasa Inggris, kembang-kembang kartu adalah spade, club, heart, diamond (sekop, keriting, hati, wajik).
Memory game (Permainan ingatan)
Tujuan:
Untuk mengingat letak pasangan kartu. Kumpulkan kartu sebanyak mungkin
Bahan:
Kartu ‘Memory game (Permainan ingatan)’ biasanya menampilkan gambar hewan, orang, atau benda. Kalau tidak ada kartu khusus ini, kartu remi dengan angka juga bisa digunakan. Pastikan bahwa jumlah kartu adalah genap, sehingga setiap kartu dapat dipasangkan.
Cara bermain:
-
Permainan menjodohkan ini lebih menyita pemikiran dan tidak seramai 'Snap!'. Tempatkan semua kartu menghadap ke bawah di atas meja. Pencarkan agar tidak saling bersentuhan.
-
Pemain bergiliran membalik dua kartu – kalau menemukan sepasang yang berjodoh, dia memperoleh pasangan itu dan mendapat giliran lagi.
-
Pemenangnya adalah pemain yang memperoleh pasangan kartu terbanyak di akhir permainan.
Tip utama:
Sebelum memperoleh sepasang kartu yang berjodoh, pemain dapat diminta menyebutkan posisinya. Misalnya ‘The second card from the left and the third card from the right are a match.’ (Kartu kedua dari kiri dan kartu ketiga dari kanan berjodohan.)
Permainan pena dan kertas
Permainan pena dan kertas membantu anak-anak sekolah dasar meningkatkan keterampilan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.
Stop the bus (Hentikan bus)
Tujuan:
Untuk menulis kata-kata unik sebanyak yang bisa diingat
Bahan:
Sebatang pena dan selembar kertas untuk setiap pemain
Cara bermain:
Di kelas bahasa Inggris, kami mendapati bahwa permainan ini adalah salah satu aktivitas belajar bahasa Inggris terpopuler untuk siswa sekolah dasar – dan sangat bagus untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris
-
Pertama, pilih lima kategori, misalnya 1. Feelings 2. Sports 3. Adjectives, 4. Vegetables 5. Fruits (1. Perasaan 2. Olahraga 3. Kata Sifat 4. Sayur-mayur 5. Buah-buahan).
-
Pilih sebuah huruf alfabet secara acak dengan mengambil dari kantong atau menggunakan aplikasi pemilih acak daring.
-
Minta pemain menulis sebanyak mungkin kata bahasa Inggris dalam setiap kategori yang diawali dengan huruf yang terpilih. Misalnya, kalau hurufnya adalah 'T', siswa dapat menulis
1. Tired. 2. Tennis 3. Trusting 4. Turnip 5.Tangerine (1. Lelah 2. Tenis 3. Memercayai 4. Lobak 5. Jeruk siam).
Setelah semua orang menulis sebuah kata untuk setiap kategori, seseorang meneriakkan 'Stop the bus!' dan para pemain membacakan kata-kata mereka dengan lantang. Pemain hanya mencetak poin untuk kata-kata yang belum ditulis orang lain – pemain meraih poin karena mengetahui kata-kata yang asli dan unik. Pemain pertama yang meraih sepuluh poin menjadi pemenang.
Siapa aku? Sebutkan nama orang terkenal
Tujuan:
Untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan guna menebak nama orang terkenal
Bahan:
Setumpuk kertas atau nota tempel
Cara bermain:
-
Permainan ini biasanya dimainkan dengan menggunakan nama orang-orang terkenal, tetapi dapat diganti dengan kategori lain, seperti judul buku, nama hewan, judul film, nama tokoh kartun, dan nama negara.
-
Setiap pemain menulis satu nama orang terkenal pada sehelai nota tempel, lalu menempelkannya pada dahi pemain di sebelah kanannya. Jangan sampai pemain-pemain lain melihat nama tersebut!
-
Para pemain bergiliran mengajukan kepada semua orang yang lain sebuah yes/no question (pertanyaan ya/tidak). Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu mereka mengetahui nama orang terkenal yang tertulis di nota tempel pada dahi mereka. Misalnya; “is this person a woman?” (apakah orang ini perempuan?) atau “is this person a star in action movies?” (apakah orang ini bintang film laga?)
-
Pemenangnya adalah orang pertama yang menebak dengan benar nama pada nota tempel.
Tip utama:
Permainan tidak harus terpaku pada orang-orang terkenal. Gunakan nama tokoh kartun atau orang yang mungkin dikenal semua pemain.
Permainan untuk mengisi waktu ketika sedang menunggu
Terjebak dalam perjalanan panjang di mobil atau antrean panjang di supermarket? Berikut adalah beberapa permainan yang bisa dimainkan untuk mengisi waktu. Tidak memerlukan peralatan apa pun.
The teacher’s cat (Kucing si guru)
Tujuan:
Untuk memikirkan kata sifat sebanyak mungkin
Bahan:
Tidak ada
Cara bermain:
-
Permainan ini sudah dimainkan ratusan tahun. Permainan ini menyenangkan dan cara bagus bagi anak-anak untuk melatih adjektiva dan berbicara dalam bahasa Inggris.
-
Semua pemain bertepuk tangan dengan ritme 1, 2, 3, 4, dengan serentak.
-
Pemain pertama mengucapkan, seirama dengan tepukan, ‘The teacher’s cat is a (fat) cat’, dengan menambahkan kata sifat apa saja yang diinginkannya.
-
Pemain kedua harus memikirkan sebuah kata sifat yang dimulai dengan huruf terakhir kata sifat sebelumnya, misalnya ‘The teacher’s cat is a (terrible) cat.’
-
Permainan berlanjut sampai ada pemain yang tidak dapat melanjutkan adjektiva ketika tiba gilirannya bersama tepukan.
Tip utama:
Jadikan permainan ini lebih pribadi dengan menggunakan nama anak, misalnya ‘Jaime’s cat is (Kucing Jaime)…’.
I spy, with my eye (Kuamati dengan mataku)
Tujuan:
Untuk mencoba menebak nama benda yang terlihat oleh pemain lain. Permainan ini bagus untuk meningkatkan pengejaan dan pengucapan bahasa Inggris anak-anak
Bahan:
Tidak ada
Cara bermain:
-
Dalam permainan ini, seorang pemain ditunjuk sebagai pengamat, dan semua pemain lain harus menebak apa yang dilihat olehnya.
-
Permainan dimulai dengan frasa ‘I spy, with my little eye, something beginning with the letter … (Kuamati dengan mata kecilku benda yang namanya diawali dengan huruf...)’, diikuti huruf pertama nama benda misteri. Jadi, kalau melihat meja (table), si pengamat akan mengatakan ‘I spy, with my little eye, something beginning with the letter T… (Kuamati dengan mata kecilku benda yang namanya diawali dengan huruf T...)’.
-
Kalau kamu ingin supaya anak-anak berlatih pertanyaan ya/tidak, mainkan versi yang membolehkan pemain mengajukan sampai sepuluh pertanyaan; misalnya, menanyakan hal-hal seperti ‘Is it outside the car?’, ‘Is it bigger than a football?’ (Apakah benda itu ada di luar mobil?, Apakah benda itu lebih besar daripada bola sepak?).
Tip utama:
Variasi lain permainan ini adalah menyebutkan warna benda, bukan huruf pertama.
Simon says (Kata Simon)
Tujuan:
Untuk memperhatikan perintah dengan cermat, dan tidak membuat kesalahan. Permainan ini mengembangkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris pada anak-anak.
Bahan:
Tidak ada
Cara bermain:
-
Dalam permainan ini, satu pemain dipanggil dengan ‘Simon’. Dia melakukan gerakan dan menyuruh pemain lain menirunya.
-
Dia selalu memulai perintahnya dengan ‘Simon says…’. Misalnya, “Simon says… touch your nose with a finger” (“Kata Simon… sentuh hidungmu dengan jari) atau “Simon says… wave your arm” (Kata Simon… lambaikan tanganmu).
-
Namun, pemain hanya boleh mengerjakan tugas setelah mendengar perintah ‘Simon says’. Kalau ada pemain yang bergerak ketika Simon tidak menyuruh apa-apa atau ketika Simon menyuruh hal lain – misalnya, ‘Touch your toes, please’ (Sentuh jari kakimu) - dia keluar dari permainan.