By Cath

25 February 2025 - 12:59

Professional man at his disk reads article on how to signoff different kinds of emails in English

Kami mengirim begitu banyak jenis komunikasi yang berbeda sekarang; email, Whatsapp, WeChat, pesan instan... Mungkin sulit untuk mencapai nada yang tepat untuk semua pesan ini. Bahkan lebih sulit jika Anda berkomunikasi dalam bahasa asing. Saya sudah menjadi guru Bahasa Inggris selama bertahun-tahun. Saya mendapati bahwa orang yang belajar Bahasa Inggris cenderung mengadopsi nada yang terlalu formal ketika menulis email.  
 
Selain itu, saya mendapatkan email lengkap yang berisi emoji dan LOL, yang juga tidak sesuai. Seorang siswa baru-baru ini mengirimi saya email yang diakhiri dengan 'a kiss' (ciuman). Saya suka siswa ini, tetapi 'ciuman' bukanlah tanda tangan yang benar untuk email tentang pekerjaan rumah.  Jadi, setelah Anda menghabiskan waktu untuk menulis email yang sempurna, bagaimana cara memastikan bahwa Anda tidak mengacaukannya dengan akhir yang tidak pantas? 
 
Dalam postingan ini, kita akan melihat cara menutup berbagai jenis email dalam Bahasa Inggris. Jika Anda ingin jawaban langsung atas pertanyaan lain tentang belajar Bahasa Inggris, pertimbangkan untuk bergabung dengan kelas Bahasa Inggris untuk orang dewasa. Anda dapat menemukannya di sini

Kenali audiens email Anda 

Penting untuk mempertimbangkan audiens Anda. Menulis email adalah tugas kehidupan nyata dan konsekuensi dari kesalahannya bisa memalukan, terutama jika Anda menulis email di tempat kerja. 

1. Cara mengakhiri email santai untuk teman dan keluarga 

Jika menulis untuk teman, Anda bisa bersikap informal dan ramah, bahkan penuh kasih sayang. Berikut ini beberapa akhiran yang umum untuk jenis email ramah ini:  

See you soon, 

Love, 

​​Marta 

Speak soon, 

lots of love, 

Jordi xx  

Chat later, 

Marc   

Dalam beberapa bahasa, umum untuk mengakhiri email kepada teman dengan 'kiss (ciuman)' atau an ‘hug’ (pelukan) , namun, ini tidak diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Saat menulis dalam Bahasa Inggris, Anda dapat mengakhiri pesan kepada keluarga dekat atau teman dengan ciuman 'virtual' ('X' atau 'XXX'). Namun, jangan pernah mengakhiri email kerja dengan ciuman atau XXX, tidak peduli seberapa besar Anda menyukai atasan atau kolega Anda.    

2. Cara mengakhiri email kepada kolega, guru, atau teman sekelas 

Jika email Anda dalam Bahasa Inggris dan terkait dengan pekerjaan atau studi, cara terbaik adalah memilih nada yang ramah namun tetap formal.  Bayangkan Anda menulis untuk seseorang yang Anda kenal dengan baik, seseorang yang sering Anda temui.  Kebanyakan orang memiliki gaya tanda tangan email yang mereka sukai, sehingga Anda dapat memutuskan tanda tangan yang terasa nyaman bagi Anda. Tanda tangan yang sesuai di sini mungkin: 

Regards, 

Dan 

Best wishes, 

Eva 

Best regards, 

Cho 

Best, 

Javi  

Thanks, 

Pol  

Cheers, 

Miriam 

Orang-orang yang sangat sibuk (atau yang tidak suka mengetik!) terkadang hanya menulis inisial pertama nama mereka (mis. 'R' untuk Rayhan). Hal ini tidak masalah jika Anda mengenal orang tersebut dengan sangat baik -- tetapi akan tampak aneh atau tidak langsung jika Anda tidak mengenalnya dengan baik. Jika ingin menambahkan sentuhan yang lebih pribadi, Anda dapat menambahkan sesuatu seperti 'selamat berakhir pekan' atau 'semoga minggu Anda menyenangkan', tergantung kapan Anda mengirim email tersebut. 

3) Cara mengakhiri email kepada orang yang tidak dikenal   

Ini adalah jenis email yang paling sulit untuk dikirim, terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda menghubungi seseorang. Email dalam Bahasa Inggris cenderung kurang formal dibandingkan surat kertas – tetapi jangan bingung antara email dengan pesan teks. Email Anda harus tetap berisi kalimat lengkap, tata bahasa Inggris yang benar dan teratur serta mudah dibaca. Sama halnya, tanda tangan harus mencerminkan sisa pesan.  

Beberapa saran untuk tanda tangan netral atau formal untuk email dalam Bahasa Inggris adalah: 

Best regards /  Kind regards, / Regards, 

Jon 

Many thanks, 

Alvaro  

atau, Anda dapat memilih yang sedikit lebih ramah,  

Best wishes, 

Elena.  

Secara umum, kita tidak menggunakan 'Yours sincerely' atau 'Yours faithfully,' dalam email. Namun, jika Anda menulis email yang sangat formal (atau email keluhan), Anda dapat menutupnya dengan: 

Sincerely, 

​​​Diego 

Jika Anda menanggapi email dari orang lain, sebaiknya ikuti nada yang mereka gunakan di email mereka. Misalnya, jika seseorang mengakhiri email mereka kepada Anda dengan 'All the best', sebaiknya gunakan tanda tangan yang serupa, daripada 'Sincerely'.  

Jika Anda menulis email dalam Bahasa Inggris di tempat kerja, menutup email hanya dengan nama depan Anda sudah umum dilakukan. Email kerja biasanya menyertakan nama lengkap dan detail konten Anda di footer.  

Lakukan pemeriksaan ini sebelum Anda menutup email dalam Bahasa Inggris  

Sebelum Anda menutup email, jeda dan pastikan isi email Anda. Sudahkah Anda memberikan informasi? Atau meminta informasi? Atau berterima kasih kepada seseorang? Ini akan membantu Anda memutuskan cara menutupnya. Berikut ini beberapa saran: 

Untuk email yang meminta informasi 

Formal:  I look forward to hearing from you soon, 

Less formal : Looking forward to hearing from you  

Untuk email yang memberikan informasi 

Formal:  If you need any further information, please don't hesitate to get in touch. 

Less formal:  Please let me know if you need anything else. 

Untuk email yang meminta bantuan 

Formal:  Many thanks in advance for your help. 

Less formal:  Thanks again for all your help on this. 

Untuk email yang menjawab pertanyaan 

Formal: I hope that you will find this information useful. 

Less formal: Hope this helps - let me know if you have more questions. 

Jadi, lain kali Anda menulis email, pikirkan tentang kepada siapa Anda menulisnya, dan tujuan email Anda. Ini akan membantu Anda menyelesaikannya dengan cara yang benar. Email tidak perlu ditulis seperti surat formal, tetapi juga tidak boleh berisi emoji dan penggunaan tanda seru yang berlebihan!!!! atau tanda baca lainnya.  Jika Anda mengikuti pedoman ini, email Anda akan mencapai nada yang tepat, setiap saat.