Suwarsih Madya telah menjadi pengajar guru bahasa Inggris sejak tahun 1977. Dengan berbagai pengalaman dalam kerja sama internasional dan pendidikan guru bahasa, ia sekarang memandang pengajaran bahasa dari berbagai perspektif dengan menghubungkannya dengan hal-hal penting lainnya seperti pendidikan karakter, pembentukan identitas, dan pembentukan perdamaian dunia. Minat penelitiannya adalah seputar pengembangan guru dan pengajaran dengan penekanan pada pembelajaran mandiri. Dia telah menulis sejumlah artikel antara lain tentang penilaian diri, standar guru, pengembangan kurikulum, pengembangan model pembelajaran di TEFLIN Journal. Publikasi terbarunya adalah: Language Teaching Methodology: From the Pre-method to Post-mewthod era (dalam bahasa Indonesia), Learning English Pronunciation Systematically: A Resource Book for Student Teachers and Teachers of English, dan Penelitian Tindakan: Dari Teori ke Praktik (Action Research: Theory and Practice). Saat ini ia terlibat dalam pembuatanTest of English Proficiency (TOEP) untuk penggunaan nasional dan memiliki posisi sebagai Komisaris Utama untuk Pusat Layanan Tes Indonesia (Layanan Pengujian Indonesia).