Email. Ringkasan eksekutif. Laporan Tahunan. Catatan rapat. Apakah Anda percaya diri dalam menulis Bahasa Inggris Bisnis? Berikut adalah tiga cara mudah untuk meningkatkan keterampilan Anda, dengan cepat – dan meningkatkan karier Anda pada saat yang bersamaan.
Mengapa menulis Business English itu penting?
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional bisnis. Kebanyakan orang dalam peran professional berbicara setidaknya sedikit Bahasa Inggris. Namun, Anda tetap dapat tampil menonjol dengan berbicara Bahasa Inggris Bisnis … dan mengetahui cara menulisnya dengan baik
Pikirkan berapa banyak Anda membaca dan menulis setiap hari. Ada email, pesan Slack, undangan Zoom, kertas kosong, catatan rapat, iklan, dan lainnya. Itu semua adalah contoh tulisan Bahasa Inggris Bisnis.
Namun, anehnya hanya sedikit orang yang bisa menulis dengan baik. Sulit untuk menulis dengan jelas dan meyakinkan, terutama dalam bahasa kedua. Mengembangkan keterampilan menulis bisnis Anda adalah cara yang bagus untuk menonjol di tempat kerja.
Pelajari tentang pelatihan dan asesmen korporat
Tiga tips untuk meningkatkan tulisan Business English Anda secara instan
Kami telah mengumpulkan beberapa kiat terbaik untuk menjadikan keterampilan menulis Bahasa Inggris Bisnis Anda setara dengan kelas dunia. Cobalah ide-ide berikut saat Anda mengerjakan beberapa tulisan bisnis nanti.
1. Rencanakan sebelum Anda menulis
Sangatlah mudah untuk duduk dan menulis hal pertama yang muncul di kepala Anda. Tetapi ketika seseorang harus membaca pikiran Anda yang belum diedit, mereka mungkin bingung. Sebaliknya, menulislah dengan struktur yang jelas.
Mulailah dengan membuat daftar berisi semua hal yang ingin Anda sampaikan. Atur daftar tersebut dalam urutan yang logis. Setelah Anda memiliki garis besar, akan cepat dan mudah untuk menyelesaikan tulisan.
2. Sampaikan poin Anda segera
Bayangkan ini: hari ini adalah hari yang sibuk di kantor. Anda perlu membaca laporan baru, tetapi Anda hanya punya waktu beberapa menit. Anda memindai halaman pertama dan melihat bahwa penulis telah memasukkan pengantar yang panjang, beberapa pemikiran tentang proses penulisan, serangkaian kata kunci industri…
… dan anda berhenti membaca. Dalam Bahasa Inggris Bisnis, Anda harus segera menyampaikan maksud Anda. Jangan beri orang waktu untuk bosan atau terganggu.
Salah satu cara untuk memeriksa apakah tulisan Anda efisien adalah dengan membaca kalimat pertama dari setiap paragraf saat Anda meninjau pekerjaan Anda. Jika Anda masih bisa memahami alur penulisannya, maka itu bagus. Tetapi jika membingungkan, Anda mungkin perlu menghapus beberapa frasa yang tidak perlu.
3. Baca kata-kata Anda dengan lantang
Cara terbaik untuk memeriksa tulisan Anda – dan memperbaikinya – adalah dengan membaca keras-keras. Membaca dengan lantang membuat Anda berpikir lebih keras tentang apa yang telah Anda tulis. Anda mendengarnya dari perspektif lain. Selalu baca karya Anda dengan lantang sebagai tahap pengeditan terakhir.
Masih mencari cara untuk memperbaikinya? British Council di Indonesia dapat membantu. Kami menawarkan berbagai program, mulai dari kursus Business English Skills seperti Better Emails, Business Writing Essentials, dan Reports that Work hingga workshop Written Communication Skills seperti Business Writing Skills 1, Reports Writing Skills, dan Email Writing Skills 1.