Saat kita keluar dari pandemi, banyak dari kita yang akan beradaptasi dengan perubahan di tempat kerja. Beberapa orang akan tertantang untuk menjaga motivasi tim tanpa berada di kantor; yang lain akan bertanya-tanya tentang keterampilan baru apa yang dicari pemberi kerja dalam diri kandidat. Di dunia kita yang semakin kompleks, komunikasi tidak hanya penting, bahkan menjadi sangat penting untuk mempersiapkan masa depan pekerjaan.
Lihat kursus bahasa Inggris dewasa kami disini
Keterampilan komunikasi yang paling berharga
Komunikasi Interpersonal
Komunikasi menghubungkan kita. Melalui komunikasi yang baik, kita dapat menyatukan orang, menciptakan pemahaman bersama, membangun kepercayaan, dan banyak lagi. Komunikasi interpersonal adalah proses berbagi ide, informasi, perasaan dan niat, baik secara verbal maupun nonverbal. Kita melakukannya setiap hari – apakah kita duduk berhadap-hadapan dengan seseorang atau menjelaskan suatu hal melalui panggilan video.
Mereka yang terampil dalam komunikasi interpersonal memiliki keterampilan seperti mendengarkan dengan penuh perhatian, kolaborasi, dan empati. Terutama karena banyak perusahaan beralih ke model kerja hybrid baru, keterampilan ini akan sangat penting dalam menumbuhkan rasa kebersamaan dan inklusifitas. Jika Anda seorang manajer, misalnya, kemampuan Anda untuk menyampaikan umpan balik secara konstruktif dan jelas akan membantu menjaga motivasi dan keterlibatan tim, bahkan dalam pengaturan jarak jauh.
Keterampilan Kepemimpinan
Perubahan cepat di tempat kerja, dan di lingkungan kita, membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang kuat untuk mengarahkan perusahaan kedepannya. Seorang pemimpin yang kuat akan mampu menanamkan loyalitas dan kepercayaan pada karyawannya dengan mencontohkan nilai-nilai inti perusahaan. Untuk melakukan hal tersebut – Anda haruslah menjadi komunikator yang jelas dan percaya diri.
Kami melihat kualitas tertinggi adalah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, pengaruh positif dan pemikiran kepemimpinan. Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus bisa menyampaikan pesan Anda kepada banyak orang dengan cara yang tepat. Public speaking skills dan presentation skills sangatlah penting, keterampilan ini memungkinkan Anda untuk menyeleraskan berbagai tim ke satu tujuan bersama dan memimpin dengan dampak yang besar.
Mendengarkan dan komunikasi empatik
Kita mungkin mengaitkan keterampilan ini dengan peran tertentu – manajer SDM misalnya – tetapi mendengarkan adalah salah satu alat yang paling diremehkan namun sangat ampuh yang dapat kita miliki. Coba pikirkan: tidak peduli seberapa banyak pengetahuan Anda tentang suatu topik, jika kolega atau klien yang Anda ajak bicara tidak terlibat, informasi itu tidak akan tersampaikan.
Komunikasi yang efektif adalah tentang mengutamakan kebutuhan pendengar dan mempertimbangkan tindakan apa yang Anda ingin mereka lakukan. Dengan kesadaran akan pentingnya mendengarkan di tempat kerja, Anda akan lebih memahami kolega Anda, mencegah timbulnya konflik, dan mendorong komunikasi terbuka.
Keterampilan menangani konflik
Banyak konflik dimulai dengan kesalahpahaman. Sampai batas tertentu, hal ini merupakan bagian normal dari kehidupan, tetapi jika dibiarkan dan tidak terselesaikan mereka dapat memiliki efek negatif pada moral dan produktivitas. Banyak aspek tempat kerja akan berubah di masa depan karena fungsi-fungsi tertentu menjadi otomatis, tetapi penyelesaian konflik akan selalu menjadi keahlian yang diperlukan.
Jadi apa pendekatan yang benar? Dan bagaimana jika Anda memiliki karakter yang menghindari konfrontasi? Peran seorang mediator dalam situasi ini adalah untuk meredakan ketegangan dan mendorong kearah hasil yang positif, sembari mengambil sikap tenang dan objektif. Workshop conflict handling kami membantu Anda mengembangkan strategi yang tepat, untuk menangani orang yang sulit dan perselisihan dengan percaya diri.